Newsletter Archieved

  Newsletter, 15 Juni 2015

Dear GTFW User,

Beberapa hari yang lalu terjadi gangguan akses ke web gtfw.gamatechno.com, karena penyedia layanan jasa DNS hosting kami mengalami masalah. Saat ini web gtfw.gamatechno.com sudah kembali normal dan bisa diakses lagi setelah masalah tersebut kami atasi.

Kami juga telah melakukan update dokumentasi referensi coding style, yang seharusnya diikuti dalam penulisan program yang menggunakan GTFW. Pembaruan referensi ini berkaitan dengan aturan penamaan file, class dan method. Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana coding style GTFW, silakan menuju ke GTFW docs

  Newsletter, 13 Maret 2015

Hallo, GTFW Community

Bagaimana progres belajar GTFW kalian? Sudah cukup lancar membuat CRUD kan? Yap, kami sangat mengapresiasi terhadap respon dari GTFW Community yang begitu antusias terhadap GTFW. Jumlah unduhan yang bertambah tiap harinya menjadikan sebuah parameter kami bahwa GTFW mulai banyak dikenal, baik yang hanya sekedar mengunduh maupun fokus untuk memanfaatkannya. Kami juga menerima feedback dan masukan dari user melalui email. Oleh karena itu, kami terus melakukan pengembangan dan optimasi library GTFW untuk community. 

Melalui newsletter ini, kami informasikan list update package GTFW Community:

1. Optimasi Dispatcher Class
  • menghilangkan fungsi DebugStart()
  • perbaikan session restart
  • optimasi fungsi Encrypt() dan Decrypt()

2. Optimasi Sanitizer dan Security Class
  • optimasi fungsi strip_html_tags()

3. Penambahan modul latihan GTFW.
  • User hanya perlu melakukan registrasi masing-masing modul sesuai dengan tutorialnya, sehingga lebih cepat dan lebih mudah untuk mempelajarinya.

  Newsletter, 30 Januari 2015

Hallo, GTFW Community

 

Ketika berselancar di dunia maya, seringkali kita mengakses beberapa aplikasi web yang masing-masing memerlukan username dan password. Mau tidak mau, kita harus memasukkan username dan password ke masing-masing aplikasi setiap kali masuk/login, yang cukup merepotkan. Untuk memudahkan proses ini, ada teknologi yang bernama Single Sign On (SSO). SSO adalah sebuah mekanisme dimana pengguna cukup menggunakan satu username dan password untuk mengakses dan menggunakan layanan pada semua aplikasi yang ada. Sistem SSO memberikan efisiensi bagi pengguna dalam mengelola serta mengakses berbagai layanan aplikasi.

Teknologi SSO sudah banyak digunakan di berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia, diantaranya adalah Universitas Gajah Mada (UGM). Dalam penerapannya, Rektor UGM sudah menerbitkan keputusan rektor (21/P/SK/HT/2009) berkaitan layanan email, hosting dan Identitas Tunggal Universitas.

GTFW sebagai framework pengembangan beberapa produk Gamatechno, telah menyediakan solusi implementasi SSO menggunakan Central Authentication Service (CAS). Untuk mengintegrasikan beberapa aplikasi, CAS menyediakan layanan meng-autentikasi seorang pengguna dengan aman. CAS memiliki lisensi open source, berbasis java dan memiliki pustaka client yang beragam, mulai dari java, php, .Net, Perl, Apache, dst. GTFW sendiri sebagai framework berbasis php sudah menyediakan konfigurasi khusus untuk mengimplementasikan CAS. Mengadopsi library phpCAS yang sudah ada, kemudian diintegrasikan dengan base GTFW versi 3.2 pengguna dapat login menggunakan SSO ke beberapa aplikasi berbasis GTFW.


Berikut ini tutorial singkat untuk mencoba menggunakan autentikasi CAS pada aplikasi berbasis GTFW. Langkah-langkah yang perlu dilakukan:

1. Install masing-masing aplikasi berbasis GTFW dengan konfigurasi authentication_method = "default". Pastikan aplikasi dapat berjalan normal.
2. Selanjutnya, logout untuk masing-masing aplikasi.
3. Copy file cas.conf.php
4. Kemudian ubah setingan authentication_method = "cas", di masing-masing aplikasi
5. Pastikan juga, setting untuk session_handler diubah "default", apabila disetting untuk value "database" aplikasi tidak akan jalan normal.
6. Akses/refresh masing-masing aplikasi (belum login), jika normal maka akan di arahkan ke halaman login cas server.
7. Login di salah satu aplikasi
8. Reload aplikasi yang lain yang belum login, jika sukses maka akan otomatis login

  Newsletter, 03 November 2014

Hallo, GTFW Community

Saat ini Gamatechno telah menjalin kerjasama dengan salah satu perusahaan startup IT di Jogja, dalam pengerjaan project pengembangan aplikasi berbasis web menggunakan framework GTFW. Kesempatan ini tentu saja dapat juga diraih oleh mitra dan fellow Gamatechno yang lain, jika mampu secara teknis menguasai GTFW dan memiliki komitmen dalam mengelola project bersama Gamatechno. Oleh karena itu, untuk menunjang teman-teman Comunity dalam belajar dan memahami GTFW dalam waktu dekat kami akan memperbarui dan menyempurnakan dokumentasi dalam format HTML. Selain itu juga akan ditambahkan lagi beberapa tutorial yang lebih advanced.

 

Selain dari tutorial online, Gamatechno juga menyediakan GTFW Training Advance For Free, terutama bagi yang telah berbentuk badan usaha dan siap menjadi mitra Gamatechno, serta melalui seleksi teknis dan portofolio. Jadwal training berikutnya direncanakan sekitar minggu kedua bulan November di Jogja. Bagi yang berminat, silakan mendaftar di jobs@gamatechno.com dengan subject email "2014 Nov GTFW Free Training". So, lets collaborate!

  Newsletter, 10 Oktober 2014

Hallo, GTFW Community

 

Sudah sejauh mana kalian mempelajari GTFW 3.2? Sudah kalian instal dan coba untuk dijalankan? Yap, newsletter kali ini, GTFW Team akan mencoba berbagi pengetahuan tentang kendala apa saja yang biasa dialami user dalam proses instalasi GTFW pertama kali.

1. Konfigurasi Aplikasi
   - "Not Found On This Server", hal ini terjadi karena konfigurasi basedir tidak tepat. Pastikan konfigurasi basedir sesuai dengan letak folder aplikasi.

2. Path Base GTFW
   - "Fatal: Cannot find GTFW base!", biasanya error ini muncul karena user salah menuliskan alamat base GTFW. Apabila base GTFW  berada di lokal komputer, pastikan penulisan alamat sesuai dengan format berikut D:/path/to/gtfw-base. Namun apabila base terletak di root server maka sesuaikan dengan format  \path\to\gtfw-base\.

3. Koneksi Database Aplikasi
   - "Can't connect to database number 0", error tersebut muncul ketika user salah menuliskan konfigurasi koneksi database. Biasanya kesalahan itu terletak pada penulisan nama database.


Kurang lebih tiga poin tersebut adalah kendala yang sering dihadapi user ketika pertama kali menggunakan aplikasi berbasis GTFW. Untuk kendala yang lain, lebih bergantung pada environment yang digunakan aplikasi, seperti versi php atau bisa juga jenis OS yang digunakan. Apabila kalian mengalami jenis kendala lain berkaitan tentang development aplikasi berbasis GTFW bisa menghubungi email GTFW Team.